Rabu, 04 April 2012

Doa yang dikabulkan Tuhan


Ada sebuah pepatah bijak yang mengatakan bahwa “God will never reject and refuse our pray, He only postpones it” Tuhan tidak pernah menolak doa kita, Dia hanya menunda. Apakah anda setuju dengan pernyataan ini?
Anda boleh setuju ataupun tidak setuju dengan ungkapan bijak tersebut. Itu sah – sah saja karena itu adalah hak anda. Namun yang perlu kita cermati adalah apakah setiap doa itu tidak selalu dikabulkan? Lantas doa seperti apa yang akan dikabulkan Tuhan?
Pada hakikatnya doa adalah ‘ruh kehidupan’. Doalah yang menjadikan kita mampu tegar menjalani kehidupan ini. Doa adalah wujud penghambaan kita terhadap Yang Maha Kuasa dan itu adalah inti ibadah.
Doa sejatinya terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
Pertama, doa yang langsung dikabulkan Tuhan. Ini adalah doanya para nabi, rasul, wali, dan orang -orang shaleh.
Yang kedua adalah, Doa yang digantikan. Sering kita merasa bahwa doa yang sudah kita panjatkan sungguh – sungguh seolah -olah tidak dikabulkan oleh-Nya. Padahal Tuhan sedang mempersiapkan sesuatu yang lebih baik untuk diberikan kepada kita. Misal, kita ingin sekali mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan gaji tinggi. Namun,Tuhan memberikan kita kesulitan dan pikiran yang akhirnya muncul ide untuk membangun bisnis. Dan kemudian bisnis pun berjalan dan menghasilkan gaji yang nilainya sekian kali lipat melebihi gaji karyawan biasa. Maka ini adalah ganti yang lebih baik dari doa kita. Bukankah Tuhan lebih mengetahui kita melebihi diri kita sendiri?
Sedangkan yang ketiga adalah, Doa yang ‘digantung’. Jenis doa inilah yang biasanya kerap kita alami sebagai manusia biasa. Kita merasa sudah total berusaha, berikhtiar dan berdoa serta bertawakal namun di hati kecil kita kadang mempertanyakan Kasih Sayang Tuhan karena doa kita yang sungguh – sungguh tidak dikabul. Sebenarnya doa kita sudah dikabulkan namun Dia hanya ‘menunda’ dan ingin melihat seberapa besar kesungguhan kita meraih impian dan doa yang ‘digantung’ tersebut. Bukankah jika kita bersungguh – sungguh berjuang meraih apa yang kita impikan, maka Tuhan pun akan bersungguh -sungguh mengabulkan apa yang kita inginkan? Inilah inti dari ungkapan diatas tadi bahwa Tuhan tidak pernah menolak, Dia hanya menunda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

misi : membangun kekayaan mental manusia indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai

slogan : bosan kita menderita ! saatnya bersama! bangun indonesia !