MENDIDIK
adalah memelihara dan member latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. MENGAJAR
diartikan sebagai usaha guru untuk menyampaikan dan menanamkan pengetahuan kepada
siswa/anak didik.
Jadi MENGAJAR lebih cenderung kepada transfer of knowledge.
MENGAJAR
yang hanya transfer of knowledge, dan subjek
belajar seolah-olah hanya membutuhkan pengetahuan saja. Padahal tujuan belajar
secara esensial, disamping untuk mendapatkan pengetahuan, juga keterampilan dan
untuk pembinaan sikap mental. Dengan demikian tidak cukup kalau hanya dilakukan
proses pengajaran yang transfer of knowledge.
Itulah maka MENGAJAR harus sekaligus MENDIDIK.
MENDIDIK
dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah
kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani. Oleh karena itu MENDIDIK
dikatakan sebagai upaya pembinaan pribadi, sikap mental dan akhlak anak didik.
Dibandingkan dengan pengertian MENGAJAR, maka pengertian MENDIDIK lebih
mendasar. MENDIDIK tidak sekedar transfer of knowledge,
tetapi juga transfer of values. MENDIDIK diartikan
secara utuh, baik matra kognitif, psikomotorik maupun afektif, agar tumbuh
sebagai manusia yang berpribadi.
Berkait
dengan soal pembentukan kepribadian anak didik, maka MENDIDIK juga harus
merupakan usaha untuk memberikan motivasi kepada anak didik agar terjadi proses
internalisasi nilai-nilai pada dirinya, sehingga akan lahir suatu sikap yang
baik.
MENGAJAR adalah menyediakan kondisi optimal
yang merangsang serta mengarahkan kegiatan belajar anak didik untuk memperoleh
penegtahuan, keterampilan dan nilai atau sikap yang dapat membawa perubahan
tingkah laku maupun pertumbuhan sebagai pribadi.
Berikut
tabel perbedaan dari keempat kemampuan yang harus dimiliki
Aspek
|
Mendidik
|
Membimbing
|
Mengajar
|
Melatih
|
Isi
|
Moral dan kepribadian
|
Norma
dan tata tertib
|
Bahan ajar berupa ilmu pengetahuan
dan teknologi
|
Ketrampilan atau kecakapan hidup
|
Proses
|
Memberikan motivasi untuk belajar
dan mengikuti ketentuan/ tata tertib yang telah menjadi kesepakatan bersama
|
Menyampaikan/ mentransfer bahan
ajar yang berupa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan menggunakan
strategi dan metode mengajar yang sesuai dengan perbedaan individual siswa
|
Memberikan contoh kepada siswa/
mempraktikkan ketrampilan tertentu/ menerapkan konsep yang diberikan kepada
siswa menjadi kecakapan yang dapat digunakan sehari-hari
|
Menjadi contoh teladan dalam hal
moral dan kepribadian
|
Strategi dan Metode
|
Keteladanan, pembiasaan
|
Motivasi dan pembinaan
|
Ekspositori, enkuiri
|
Praktik kerja, simulasi, magang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar