Kamis, 01 Mei 2014

MEMBANGUN SIKAP MENTAL PANTANG MENYERAH



1. Kalau Kita mempunyai kecendrungan mudah menyerah, maka langkah pertama yang paling penting adalah mengakui kelemahan itu. Dengan menyadari , Kita akan lebih siap untuk memperbaikinya.
2. motivasilah diri Kita untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup. Perhatikanlah artis, atlit,karyawan dapat menajak karirnya karena berprestasi, mereka umumnya memperjuangkan apa yg ingin diraihnya dengan daya dan upaya yang optimal. Sebaliknya , orang2 yg mudah menyerah , frustasi dan mudah putus asa adalah orang2 yg gagal.
3. Berpikirlah bahwa Kita bisa dan akan berhasil meraih apa yg Kita inginkan. Keyakinan ini akan membuat Kita lebih efektif dibandingkan bila Kita terlalu mengantisipasi kemungkinan buruk. Menurut para ahli , orang yang optimis mempunyai kemungkinan yg lebih besar untuk berhasil dibanding orang yg pesimis. Mengapa ? Karena keyakinan yg positif akan mempengaruhi mental dan fisik secar signifikan untuk mendapatkan apa yang di yakininya.
4. Arahkan mata Kita pada tujuan , bukan pada hambatan . Bila Kita memandang pada tujuan , maka hambatan tidak akan menakutkan. Tapi sebaliknya , bila Kita terfokus pada hambatan , Kita akan mudah kehabisan daya juang.
5. Beranilah mengambil risiko namun dengan perhitungan yang mantap , Hadapi dan alami pengalaman dan petualangan baru. Keberanian yg benar bukan berarti seperti orang yg terjun bebas ke jurang, tapi seperti orang yg menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yg matang.Kalau Kita tidak berani mengambil resiko , tentu saja Kita berada pada tempat yg aman , namun Kita tidak akan berkembang.
6. Hadapilah semua tantangan dengan penuh keberanian .Anggaplah tantangan sebagai “Sparring Pathner” yg akan membuat Kita semakin kuat , bukan sebagai raksasa yg menelan Kita. Semakin banyak tantangan , semakin berani menghadapinya, maka semakin terbentuk karakter yg kuat.
7. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa Kita tidak akan berhasil bila pada usaha Kita mengalami kegagalan. Belajarlah daridari kegagal itu agar didapat gambaran yg lebih baik lagi.
8. Teruslah berusaha, terkamlah segala kesempatan yg ada , karena kesempatan itu tak datang untuk kedua kalinya, tidak ada pendobrak kegagalan yg sekuat nilai “kegigihan” . Ingatlah filsofi air yg bisa melubangi batu dengan tetesan yg terus menerus.
9. Imbangi kegigihan Kita dengan pemikiran yg kreatif. Bila perjalanan Kita terhalang oleh batu cadas , Kita tidak perlu membenturkan kepala Kita untuk membuktikan bahwa Kita pantang Menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaiman cara mengatasinya. carilah jalan alternatif.
10. Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan orang lain memotivasi kita. Belajarlah dari kegagalan dan kesalahan orang lain tanpa harus mengalaminya sendiri. Dengan cara itu Kita menghemat banyak sekali waktu dan energi Kita yg sangat berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

misi : membangun kekayaan mental manusia indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai

slogan : bosan kita menderita ! saatnya bersama! bangun indonesia !