Sabtu, 10 Desember 2011

RAHASIA SUKSES THOMAS ALFA EDISON

Apa salah satu rahasia sukses Thomas A. Edison? Ternyata tidur siang lah jawabannya! Tapi ini bukan sembarang tidur siang, lho. Seperti yang saya baca di artikel berjudul How To Tap Your Nap, tidur yang dilakukan oleh Edison ini bukanlah tidur yang benar-benar pulas, melainkan sesaat saja.
Sang penemu lampu pijar ini memang super sibuk dan rajin. Saking rajinnya, ia sampai tak suka tidur 8 jam, seperti yang disarankan oleh para ahli. Edison tidak suka membuang waktunya untuk berlama-lama di tempat tidur. Tentu ini sebaiknya tidak kita contoh, karena waktu tidur memang sebaiknya 8 jam. Nah, sebagai ganti dari waktu istirahatnya yang pendek, maka Edison biasa melakukan teknik tidur ini ketika ia tak punya inspirasi ketika bekerja.
Bagaimana cara Edison mendapat inspirasi dari tidurnya?
Ternyata ia biasa tidur sambil duduk dan memegang bola-bola besi di tangannya. Ketika Edison akan mulai tertidur pulas, maka otomatis bola-bola tersebut terjatuh dari genggamannya. Akhirnya, ia pun terbangun dengan inspirasi baru di kepalanya.
Saya memang belum pernah mencoba melakukan apa yang disebut sebagai 'power napping'ini. Tapi paling tidak saya tahu kalau tidur siang itu bukanlah hal yang tidak produktif. Tidur siang yang baik sendiri biasanya sekitar 30 menitan. Selain membuat kita lebih segar, tidur siang juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, lho...
Jadi, orang yang mengatakan tidur siang itu tidak produktif adalah salah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

misi : membangun kekayaan mental manusia indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai

slogan : bosan kita menderita ! saatnya bersama! bangun indonesia !