Sabtu, 10 Desember 2011

INTROVERT JUGA BISA MEMBUAT PERBEDAAN

 Tak pernah terpikirkan sebelumnya.
Ternyata Bill Gates, Warren Buffet, dan bahkan Barack Obama adalah orang yang introvert.
Bahkan, banyak pemimpin perusahaan mengatakan bahwa banyak orang tidak tahu kalau mereka sebenarnya introvert. Ya, tentu saja...itulah mengapa mereka disebut introvert https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEix61UBRRzADCai3ezyg26UY8MwKjqQhzrIsYHG8VfCYzgB6mE4qvtYgrMdbdl0GYBG85nj4BM87-QvTPvfKNpR1G8Rq4AIhrYjDUc3J9eSI9CQahJb8mviU9-z8A26pCro3kqJ6poJ1ZI/
Ya. Awalnya, saya menemukan artikel tersebut ketika browsing di situs Majalah Forbes. Karena saya termasuk orang yang introvert, maka saya langsung tertarik lalu membacanya.
Apakah Anda juga seorang introvert?
Apakah Anda pernah merasa dihiraukan dan diremehkan karena sikap Anda yang “tenang”?
Saya pernah (atau “masih”).
Dulu, waktu masih kelas lima SD, guru saya pernah mengatakan bahwa saya bodoh di depan teman-teman saya. Setahun kemudian, saya masuk tiga besar dalam rata-rata nilai ujian nasional, dan guru-guru saya tak pernah menyangka hal tersebut sebelumnya.

"Contoh apaan tuh!"

OK, mungkin itu tidak ada apa-apanya dibanding Bill Gates yang mendirikan Microsoft, atau Barack Obama yang menjadi presiden A.S pertama yang berkulit hitam. Namun, paling tidak waktu itu saya bisa membuat orang tua dan guru saya bangga, atau mungkin teman-teman saya menjadi termotivasi.
Saya hanya ingin memberi gambaran bahwa betapa Anda diremehkan atau tidak dihargai,apakah karena sikap Anda yang “tenang” atau karena suatu hal lain, Anda bisa berbuat yang terbaik, membuat perbedaan, atau memberi pengaruh pada orang-orang di sekeliling Anda.
Sekecil apapun perbedaan itu; lama kelamaan pasti akan makin bertambah besar: Anda mengubah diri sendiri, Anda mengubah teman-teman dekat Anda, teman-teman Anda mengubah lingkungan mereka, dan seterusnya.
Ada seperti efek gelombang yang berasal dari air yang menetes di atas sungai: kecil di tengah, dan makin lama makin besar di sekelilingnya.
Lalu, bagaimana cara para pemimpin introvert bekerja?
Mengapa orang-orang introvert juga sama hebatnya dengan para extrovert yang aktif dan terkesan lebih “berisik”?
Menurut artikel tadi, karakteristik para pemimpin introvert adalah:

1. Berpikir dahulu, Baru Berbicara

Bukan berarti bahwa orang extrovert tidak berpikir, tapi introvert cenderung membuat pertimbangan terlebih dahulu sebelum mengungkapkannya dengan kata-kata. Menurut Kahnweiler, pertimbangan ini adalah suatu aset yang penting, karena para pemimpin tidak akan membuat pernyataan yang salah, yang bisa membuat pihak lain merasa tidak nyaman.
Sikap penuh pertimbangan ini juga membuat para introvert “belajar dengan mendengarkan, bukan berbicara”.

2. Fokus pada “Kedalaman”, bukan “Lebar”

Jadi, pada introvert biasanya suka “mendalami” suatu hal terlebih dahulu, sebelum nantinya beralih ke hal yang lain.

3. Bersikap Tenang

Kahnweiler mengambil Barack Obama sebagai contoh. Apakah Anda pernah mendengar atau melihat Barack Obama berpidato?
Saya sendiri sangat menyukai gaya Obama ketika berpidato. Kalau Anda amati, gaya berbicaranya cenderung tenang, meskipun isu yang sedang dibahas adalah sebuah hal yang besar dan sedang “panas-panasnya”.

4. Sering Kali Membiarkan Jari yang “Berbicara”

Para introvert biasanya lebih suka menulis daripada berbicara. Namun, tentu ini tidak berarti bahwa mereka tidak bisa berbicara, karena ini jelas terlihat dari sikap Barack Obama yang bisa menyampaikan gagasan-gagasannya dengan baik melalui pidato.

5. Menyukai Ketenangan

Orang kreatif suka dengan ketenangan, dan setelah mereka “menenangkan diri”, mereka akan bertindak “kreatif” dan “responsif”, bukannya “reaktif”.


Jika Anda adalah orang yang cenderung introvert, percayalah bahwa Anda bisa menjadi pemimpin, karena seperti kata Robin Sharma,
Kepemimpinan jika dipadatkan menjadi dua kata adalah: Membuat perbedaan”

Bayangkan....Anda memiliki sifat yang sama dengan Bill Gates, Warren Buffet, dan Barack Obamahttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEix61UBRRzADCai3ezyg26UY8MwKjqQhzrIsYHG8VfCYzgB6mE4qvtYgrMdbdl0GYBG85nj4BM87-QvTPvfKNpR1G8Rq4AIhrYjDUc3J9eSI9CQahJb8mviU9-z8A26pCro3kqJ6poJ1ZI/
Namun, jika Anda tidak termasuk orang yang cenderung introvert, jangan remehkan orang-orang yang memiliki ciri-ciri di atas. You’d better watch out!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

misi : membangun kekayaan mental manusia indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai

slogan : bosan kita menderita ! saatnya bersama! bangun indonesia !